Jumat, 16 Desember 2011

Perangkat Keras Komputer

      komputer merupakan serangkayan mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang saling bekerja sama dan membentuk sebuah sistem yang rapi. agar bisa digunakan untuk mengolah data maka suatu sistem komputer harus memiliki elemen-elemen sebagai berikut.

1. Perangkat keras (hardware)
        perangkat keras merupakan peralatan pada sistem komputer yang bisa di jumpai atau dilihat secara fisik.
2. Perangkat lunak (software)      
        perangkat lunak merupakan kumpulan intruksi atau program yang berisi perintah-perintah untuk    melakukan pengolahan data.
3. Manusia (brainware)
      Manusia merupakan orang yang terlibat dalam pengoprasian komputer. sebagai contoh; programer, operator kompter, data entry operator, sistem analis, dan lain-lain.

      komputer dimanpaatkan sebagai alat bantu untuk mengolah data agar menjadi sebuah informasi yang berguna. proses pengolahan data dalam komputer dibagi dalam tiga taha, yaitu input, proses, dan output. berikut adalah gambar siklus pengolahan data pada komputer.
                                        
                                            INPUT.......PROSES.....OUTPUT
 keterangan:
1. Input, merupakan informasi dari luar sistem komputer yang di masukan ke dalam komputer.
2. Proses, merupakan kegiatan mengolah data yang di masukan sehingga menjadi informasi yang berguna.
3. Output, merupakan hsila dari olahan informasi yang akan di tampilkan melalui monitor, printer, dan alat output lainnya.
    Berikut akan di jelaskan mengenai perangkat keras yang di gunakan sebagai input, proses, output, dan media penyimpanan data pada komputer.

A. PERANGKAT INPUT

           Perangkat input merupakan jenis perangkat untuk memberi masukan data dalam komputer. selain sebagai alat untuk memasukan data dalam komputer, perangkat input juga berpungsi untuk menerjemahkan kode-kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal oleh komputer, kemudian mengirimkan data tersebut ke dalam media penyimpanan. Contoh dari perangkat input komputer antara lain sebagai berikut.


   



Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini